Sejarah Gravel Bike

Popularitas gravel bike semakin meningkat sejak artikel tentang gravel dimuat di blog ini sekitar 9 tahun yang lalu. Saat itu gravel bike masih belum banyak dikenal. Demikian pula gravel bike dianggap satu jenis sepeda saja.

Berbeda dengan saat ini, ekspresi penggunaan sepeda gravel menjadi sangat beragam. Rentang penggunaan gravel bike dari mulai penyuka kecepatan, kegiatan petualangan di medan yang sulit, hingga turing yang memakan waktu berhari-hari dengan membawa logistik yang tidak sedikit.

Akar gravel sendiri bisa dirunit dari dua sisi. Sisi pertama adalah akar sejarah sepeda gunung. Keterbatasan teknologi sepda dan pembuatan lintasan membuat sepeda gunung menggunakan medan gravel di awal kehadirannya. Seiring dengan kemajuan teknologi dan kreatifitas penggunanya, sepeda gunung mulai meninggalkan lintasan gravel yang kini dianggap terlalu mudah untuk dilalui sepeda gunung.

Sisi lain sejarah sepeda gravel adalah evolusi dari sepeda cyclocross. Cyclocross telah digunakan sebagai cara pembalap profesional untuk tetap bugar sejak awal abad 20. Hingga akhir abad 20 sepeda cyclocross sudah dianggap sebagai sepeda yang cocok digunakan di medan off-road selain sepeda gunung.

Sepeda cyclocross sebagai akar dari sepeda gravel terbukti dari digunakannya sepeda cyclocross oleh Dan Hughes untuk menjuarai event perdana Dirty Kanza tahun 2006. Event yang saat ini berganti nama menjadi Unbound Gravel ini dianggap ring satu sejarah sepeda gravel dunia. Dekade 2010-an pabrikan sepeda mulai marak menyediakan sepeda gravel sebagai sepeda drop bar yang bisa melaju cepat dan jauh di medan off-road, menawarkan kenyamanan yang lebih dibandingkan sepeda cyclocross yang lebih berorientasi lomba jarak pendek.

Pabrikan lokal pun mulai mengikuti tren tersebut. Setelah meluncurkan sepeda cyclocross yang dibuat sangat terbatas, tahun 2017, seri Bend pertama kali diluncurkan oleh pabrikan dari Sidoarjo tersebut.

Saat ini tawaran gravel bike dari pabrikan sudah beragam. Bahkan banyak brand yang menawarkan lebih dari satu line up untuk gravel bike. Apa saja sub genre dari Sepeda Gravel modern? Tunggu tanggal mainnya.

Leave a comment